Wakil Wali Kota Optimis, UMKM akan Terus Naik Kelas

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami (tengah) bersama sejumlah pelaku UMKM dalam kegiatan silaturahmi dan seleksi program UMKM juara tahun 2019.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami optimistis, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Sukabumi akan terus berkembang dan naik kelas. Sebabnya Kota Sukabumi memiliki potensi pengembangan UMKM yang sangat besar.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi dalam acara silaturahmi dan audiensi UMKM Kota Sukabumi hasil seleksi program UMKM juara tahun 2019 di Balai Kota Sukabumi, Selasa (9/7/2019). Kegiatan yang diikuti wakil wali kota tersebut terselenggara berkat adanya sinergitas ABCGM (akademisi, bisnis, community, govement, dan media), UMKM Juara, dan Pemkot Sukabumi.

”Kami support gerakan ABCGM dalam membangkitkan UMKM agar terus naik  kelas. Kami yakin hal itu akan terwujud,” ujar Wakil Wali Kota Sukabumi.

Terlebih sebagai kota jasa, Kota Sukabumi memiliki potensi pertumbuhan UMKM yang cukup besar. Jika UMKM terus naik kelas, ujarnya, hal itu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu keberadaan UMKM yang naik terus dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Saat ini di Kota Sukabumi tumbuh dan bermunculan pelaku usaha baru. Mereka rata-rata melakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,” tutur Andri.

Di sisi lain, lanjut dia, UMKM juga harus siap menghadapi peluang hadirnya jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi). Jangan sampai ketika ada jalan tol, UMKM malah  belum siap. Harapannya ketika ada jalan tol, UMKM timbuh menjadi kekuatan industri yang sangat besar. (*)