Kekurangan Dokumen, Delapan Proyek Dikembalikan ke SKPD

oleh -
Fahrurrazi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Delapan proyek yang dokumennya sudah dalam proses di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemkot Sukabumi dikembalikan kepada SKPD melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) masing-masing. Penyebabnya proyek-proyek itu akan disempurnakan dokumen atau administrasinya untuk disesuaikan dengan aturan terbaru.

“Jadi, proses tender dari kedelapan proyek itu dibatalkan. Berkasnya kami kembalikan kepada PPK untuk diperbaiki agar sesuai dengan aturan yang baru,” kata Kepala BPBJ Kota Sukabumi, Fahrurrazi kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

Aturan terbaru yang dimaksud oleh Fahrurrazi adalah Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 7 Tahun 2019 yang mengatur tentang standar dan pedoman pengadaan jasa konstruksi melalui penyedia. Berdasarkan Permen PUPR tersebut, dokumen-dokumen yang menyertai delapan proyek tersebut harus diubah.

Rincian proyek yang dikembalikan ke SKPD untuk proses tender ulang terdiri dari  pembangunan Puskesmas Lembursitu, pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH),  dan 6 paket proyek jalan. Setelah dokumen-dokumennya disesuaikan, ujar dia, kedelapan proyek tersebut akan dimasukkan ke dalam daftar pekerjaan yang ditender ulang.  

Secara keseluruhan, total anggaran untuk delapan proyek tersebut mencapai Rp12 miliar yang bersumber dari APBD dan DAK. Untuk proyek pembangunan Puskesmas Lembursitu, PPK harus melakukan  konsolidasi atau penggabungan pemaketan agar lebih efektif. Nanti setelah paket digabungkan, proyek tersebut langsung ditender ulang.

Sementara untuk paket pembangunan RPH dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, lanjut Fahrurrazi, ketika  proses tender sedang jalan, PPK akan melakukan penyempurnaan spesifikasi teknis. Jadinya tender ulang akan dilakukan setelah spesifikasi teknis disempurnakan.

“Begitu juga enam paket peningkatan jalan dari Dinas Perhubungan ditarik kembali untuk penyempurnaan spesifikasi teknis,” ujar dia.

Tahun ini, seluruh pekerjaan pengadaan barang dan jasa yang masuk ke BPBJ Kota Sukabumi mencapai 44 paket pekerjaan. Dari paket-paket tersebut, sebanyak 21 paket sedang proses tender, 15 paket masih menunggu data dari PPK, dan 8 paket ditarik kembali ke SKPD. (*)