Adang Ruslan, Pahlawan PTSL Desa Caringin Wetan

oleh -
Adang Ruslan, Kadus I Kongsi tetap bersemangat mensukseskan Program PTSL di Desa Caringin Wetan walaupun harus bekerja hingga dini hari.

Wartawan Usep Mulyana

Tak bisa dipungkiri posisi Adang Ruslan, Kadus I Kongsi, Desa Caringin Wetan,  Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi sangat menentukan mulus atau tidaknya Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di desa tersebut. Pasalnya, dari sebanyak 2.000 bidang tanah yang diajukan ke BPN untuk divalidasi, hampir seluruhnya ditangani sendiri.

Mengapa Adang bekerja sendirian? Kadus yang lainnya ke mana? “Tugas berat ini terpaksa saya pikul sendirian karena Kadus II Cikembang, Kadus  III Bobojong, dan dan Kadus  IV Tugu berhalangan dengan alasan sakit dan ada yang mengundurkan diri,” jawab Adang kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Ketiadaan tandem di lapangan, memaksa dia harus berjibaku sendirian untuk mengejar target waktu yang telah ditentukan pihak BPN. Adang sedang pusing tujuh keliling memikirkan target harus menyelesaikan validasi semua bidang tanah pada akhir Juli 2019. Setelah tanggal 31 Juli nanti, BPN akan menolak data susulan.

Karena beratnya beban pekerjaan, Adang pernah jatuh sakit. Namun sakit yang dideritanya tidak menggoyahkan semangat untuk mensukseskan Program PTSL di Desa Caringin Wetan. Tekadnya sekuat baja, dia ingin menuntaskan program PTSL.  

“Dengan sisa-sisa stamina yang ada, saya bertekad untuk tetap semangat menyelesaikan tugas maha berat ini,” ungkap dia.

Kerja keras Adang selaku koordinator lapangan Program PTSL Desa Caringin Wetan 2019 mendapat apresiasi dari rekan sejawatnya. Kepala Seksi Pelayanan Umum Desa Caringin Wetan, Yudi Gunawan mengaku bangga dengan semangat juang yang ditunjukkan Adang.

“Saya menyaksikan sendiri kalau dia itu sangat bertanggung jawab pada pekerjaan. Sejak pendaftaran dibuka bulan Februari lalu, hampir tiap malam dia pulang ke rumah menjelang dini hari,” ujarnya. (*)