Sekda Apresiasi Program Sekoper Cinta dan Ngabaso dari Provinsi

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengalungkan tanda kepesertaan kepada salah satu peserta program Sekoper Cinta yang diluncurkan di Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng.

Wartawan Usep Mulyana

Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengapresiasi program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Mencapai Impian dan Cita Cita)  dan Ngabaso (Ngabring Bareng Ka Sakola) dari Pemprov Jabar. Menurut dia, kedua program tersebut dapat memberikan solusi pada isu dan permasalahan yang menimpa kaum perempuan dan anak di daerah.

Apresiasi sekda itu disampaikan saat meluncurkan program  Sekoper Cinta dan Ngabaso di SDN Cijulang, Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2019) lalu. Iyos mengajak masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan kedua program tersebut.

“Program Sekoper Cinta dan Ngabaso merupakan program inovatif yang digulirkan oleh Pemprov Jawa Barat. Kami percaya program ini dapat memberikan solusi terhadap isu dan permasalahan yang menimpa perempuan dan anak di Jawa Barat,” kata sekda saat membacakan sambutan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada acara tersebut.

Peluncuran program Sekoper Cinta dan Ngabaso merupakan hasil kerja bareng antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Sukabumi, Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), dan program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Peluncuran Sekoper Cinta dan Ngabaso diikuti sekitar 100 orang.

Lebih lanjut dikatakan Iyos, program Sekoper Cinta merupakan wadah bagi kaum perempuan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan guna meningkatkan kualitas hidup sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian. Melalui Sekoper Cinta, kaum perempuan berusaha untuk memiliki kemampian dalam mampu memberdayakan potensi diri.

“Sementara Program Ngabaso merupakan upaya untuk membiasakan anak-anak peserta didik di sekolah menjalani hidup sehat, baik secara fisik maupun interaksi sosial,” tutur Iyos.

Sekda mengharapkan Program Ngabaso dapat memberikan dukungan pada upaya mewujudkan Kabupaten, Kecamatan, dan Desa Layak Anak di Kabupaten Sukabumi seiring dengan meningkatnya kekuatan fisik, kecerdasan akal, emosional, dan spiritual anak-anak. (*)