Disdukcapil Siap Membawa Program Jempol ke TMMD

oleh -
Iskandar Ihfan

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi siap membawa Program Jempol (Jemput Bola Pelayanan) ke lokasi  TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) tahun 2019 di Kelurahan  Cikundul, Kecamatan Lembursitu. Pada waktunya nanti, Disdukcapil akan memboyong staf dan peralatan untuk mendukung pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil di lokasi TMMD.

“Kami akan support kegiatan TMMD yang diselenggarakan oleh Kodim 0607 Kota Sukabumi di Kelurahan Cikundul. Dalam hal ini kami menawarkan diri untuk mengisi  kegiatan nonfisik yakni Program Jempol,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/7/2019).

Guna mensukseskan Progam Jempol di Kelurahan Cikundul tersebut, ujar dia, pihaknya akan meminta bantuan dari jajaran Dandim 0607, Kantor Kelurahan Cikundul,  dan Kantor Kecamatan  Lembursitu untuk mensosialisasikannya. Dengan sosialisasi yang cukup, masyarakat yang tinggal di  Kelurahan Cikundul dan sekitarnya dapat memanfaatkan Program Jempol.

Wilayah Kelurahan Cikundul, lanjut Iskandar,  sangat membutuhkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil yang mendatangi tempat tinggal mereka. Solusi yang paling tepat adalah Program Jempol karena program andalan dari Disdukcapil Kota Sukabumi ini bersifat menjemput warga yang membutuhkan pelayanan, bukannya menunggu.

“Cikundul terletak di kawasan perbatasan, aksesbilitas menuju Kantor Kecamatan Lembursitu maupun ka kantor kami cukup jauh. Sehingga mereka sering kesulitan ketika akan mengurus KTP, KK, akta kelahiran, atau dokumen-dokumen lainnya. Karena itu kehadiran Program Jempol khusus untuk permukiman di Cikundul sangat dibutuhkan oleh warga,” ujarnya.

Iskandar mengharapkan masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Cikundul dan sekitarnya dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya Program Jempol yang akan dibuka di sekitar permukiman mereka. Hal ini penting untuk meningkatkan persentase kepemilikan dokumen kependudukan dan catatan sipil di lingkungan penduduk kelurahan tersebut.

Rencananya Program Jempol di arena TMMD 2019 di Kelurahan Cikundu digelar pada Sabtu  (20/7/2019). Pelayanan ini dibuka pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB.  Program tersebut akan  melayani pembuatan semua dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran, akta kematian,  dan KIA (Kartu Identitas Anak). (*)