Pemkot Sukabumi Gelar Liga Futsal Senin untuk ASN

oleh -
Rapat persiapan turnamen futsal Copa Liga Senin untuk ASN Kota Sukabumi yang dipimpin oleh salah satu panitia, Kurnia Dani Ramdhani (tengah).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi menggelar Copa Liga Senin (CLS) untuk kejuaran Futsal yang akan merebutkan Piala bergilir Wali Kota Sukabumi dengan peserta dari kalangan ASN. Pada turnamen ini, ASN dari berbagai SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi dilebur melalui pengocokan hingga terbentuk 7 tim futsal.

“Untuk meningkatkan kualitas dan memeriahkan turnamen, kami juga menyertakan tim futsal wartawan. Semua peserta berjumlah 8 tim yang akan dibagi ke dalam dua grup, A dan B,” kata salah seorang panitia, Kurnia Dani Rahmandani yang sehari-hari menjabat Seketaris Diskominfo Kota Sukabumi kepada wartawan, Sabtu (6/7/2019).

Rencananya CLS akan diresmikan oleh  Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Senin (8/7/2019). Mengapa namanya Copa Liga Senin? Jawab Dani, karena Pemkot Sukabumi mendapat jatah menggunakan Lapang Futsal Liverpool tiap hari Senin. Seluruh pertandingan CLS digelar tiap hari Senin di lapang tersebut.

“Melalui olahraga, kami sebagai ASN bisa menumbuhkan sportivitas dan silaturahmi. Semangat kerja sama di lapangan bisa ditularkan ke dalam pekerjaan sehari-hari,” jelasnya. 

Para pemain yang akan diterjunkan, lanjut dia, berasal dari beberapa SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi. SKPD yang dilibatkan antara lain Diskominfo, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Disporapar, BPKSDM, Satpol PP,  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Bagian Humas dan Protokol, Bagian Tapem, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, serta para lurah.

“Para ASN sengaja kita lebur dari beberapa SKPD supaya kekuatannya merata,” kata Dani.

Pertandingan, lanjut dia, menggunakan sistem kompetisi penuh. Setiap tim memiliki kesempatan yang sama untuk bermain sebanyak 6 kali dengan tim yang lain. Dua tim pada grup yang sama akan berhadapan sebanyak dua kali. Setiap pertandingan dipimpin oleh wasit yang telah memiliki sertifikat.

“Nanti di babak final,  juara grup A akan bertemu dengan runer up grup B di semi final, begitu juga juara grup B akan berhadapan dengan juara kedua grup A. Pertandingan silang ini akan menghasilkan dua pemenang yang akan berhadapan pada pertandingan final,” ujar Dani.

Sementara itu Kapten Journalist Soccer Sukabumi Futsal Club (JSS FC),  Iyus Sergio merasa senang karena timnya mendapat kehormatan dengan dilibatkan pada turnamen tersebut.

“Suatu kebanggaan kami bisa masuk dalam liga bergengsi ini. Kami akan fokus pada latihan untuk membawa nama harum rekan-rekan media di Kota Sukabumi,” kata dia. (*)