Pengusaha Sukabumi Ikuti Dialog Perundingan Perdagangan Internasional

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (ketiga dari kiri) dan Sekretaris Ditjen PPI Kementerian Perdagangan, Moga Simatupang (keempat dari kiri) bersama para narasumber pada acara dialog perundingan perdagangan internasional.

Wartawan Usep Mulyana

Puluhan pengusaha Sukabumi mengikuti kegiatan dialog pemerintah dan pelaku usaha dalam mengoptimalkan perundingan perdagangan internasional bertempat di Hotel Augusta, Jalan Raya Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2019).

Pada acara dialog itu, pemerintah pusat diwakili oleh  Sekretaris Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI) Kementerian Perdagangan RI, Moga Simatupang dan jajarannya.  Sementara para peserta dari Sukabumi berasal dari unsur pemda dan Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Sukabumi. 

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengatakan, kegiatan dialog tersebut sangat bermanfaat bagi para pengusaha untuk meningkatkan kapasitas mereka terkait perdagangan internasional. Melalui dialog tersebut, para pengusaha dapat memiliki wawasan seputar tata cara dan mekanisme perundingan perdagangan internasional.

“Biasanya dialog perundingan perdagangan internasional seperti ini digelar di tingkat  provinsi. Sekarang diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian Perdagangan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujar sekda.

Pada dialog tersebut, ujar dia, para pengusaha Sukabumi  bisa mengakses informasi awal seputar hambatan atau kendala di lapangan terkait urusan prosedur perdagangan berskala internasional, khususnya ekspor. 

Sementara itu Sesditjen PPI, Moga Simatupang mengatakan, selama ini jajarannya melakukan  tugas perundingan tingkat dunia dalam  rangka menentukan tarif dalam perdagangan internasional. Selain itu, aparat Ditjen PPI  mengklarifikasi isu-isu  non-tarif yang menghambat proses perdagangan internasional dengan negara mitra.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami mengharapkan masyarakat, khususnya kalangan pengusaha bisa memahami aspek-aspek perdagangan internasional yang berlaku di dunia. Aspek-aspek dimaksud antara lain  negara tujuan,  tarif perdagangan, dan jenis produk yang prospektif untuk ekspor,” ujar Moga.

Kementerian Perdagangan, lanjut dia, juga membuka peluang bagi pengusaha untuk mengetahui pembuatan produk ekspor dan tata cara  mengekspornya. Pihaknya siap menampung keluhan dan masukan dari para pengusaha di Sukabumi, baik langsung maupun melalui website www.kemendag.go.id. Pada dialog itu, Moga menghadirkan 3 narasumber. (*)