Komposisi Terbentuk, BPD Caringin Kulon Siap Jalankan Pengabdian

oleh -
Ketua BPD Caringin Kulon, HA. Suhaepi (duduk, kiri) bersama Kades Alamsyah (duduk, kanan) berserta jajaran BPS Caringin Kulon periode 2019-2024.

Wartawan Usep Mulyana

Komposisi dan struktural Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Caringin Kulon,  Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi resmi terbentuk. Hasil musyawarah BPD yang dilakukan tertutup berhasil menetapkan kepengurusan BPD periode 2019 – 2024.

“Semuanya ada 7 anggota BPD Caringin Kulon yang siap menjalankan tugas sebagai representasi masyarakat,” kata Ketua BPS Caringin Kulon, H.A. Suhaepi kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Pengurus yang mendampingi Suhaepi, sekretaris dipegang oleh Iman Suangsa dan bendahara dipercayakan kepada Ila Miatul Parliyah. Empat anggota lainnya terdiri dari Rohmat, Zulfi Aldian, Suherman, dan Egi Ristiadi.

Kepengurusan yang terpilih, kata Suhaepi, akan bekerja dan mengabdi sesuai kewenangannya. Biasanya BPD dicap sebagai tukang stempel program desa dan kroni kepala desa. Sehingga BPD akan mengamini setiap keputusan yang dibuat oleh kepada desa.

“Sekarang kami tidak seperti itu. Kami akan bekerja secara profesional dan berintegritas,” tegas Suhaepi.

BPD, ujar dia, juga dituntut  untuk mengawasi jalannya pemerintah dengan seksama terkait penggunaan APBDes. Suhaepi tidak ingin BPD menjadi corong pemerintah desa, apalagi menjadi ‘stempel’ kepala desa.

Suhadepi dan rekan-rekannya harus bersiap-siap untuk menghadapi Pilkades Caringin Kulon yang digelar secara serentak bersama ratusan desa lainnya di Kabupaten Sukabumi pada bulan November nanti.

Sementara itu, Kepala Desa Caringin Kulon, Alamsyah mengatakan, BPD yang akan bertugas diharapkan mampu bersinergi dengan kepala desa dan jajarannya. “Harus sinergis tapi juga tetap kritis. Artinya, BPD harus mengawasi dan berani menegur kepala desa jika terindikasi melanggar aturan,” katanya. (*)