Bupati Instruksikan Camat untuk Aktif Wujudkan Pilkades yang Berkualitas

oleh -
Para camat se-Kabupaten Sukabumi mengikuti bimtek Pilkades Serentak yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memerintahkan para camat untuk ambil bagian dalam upaya mewujudkan Pilkades (pemilihan kepala desa) Serentak yang berkualitas dan nyaman di Kabupaten Sukabumi. Dalam kaitan ini, para camat harus mencermati dan memperhatikan secara intens setiap proses dan dinamika yang terjadi pada Pilkades Serentak.

Instruksi bupati itu disampaikan saat membuka bimbingan teknis (bimtek) Pilkades Serentak yang diikuti oleh semua camat yang bertugas di Kabupaten Sukabumi bertempat di Hotel Sukabumi, Senin (24/6/ 2019) lalu. Para camat, ujar bupati harus bisa menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di sekitar pelaksanaan pilkades serentak.

“Pemilihan Kepala Desa merupakan proses yang betul-betul harus dicermati oleh para camat, harus terpetakan secara baik segala permasalahan di dalamnya. Sebagai aparatur pemerintah di wilayah, para camat harus mempunyai keyakinan mereka bisa menghadapi permasalahan dan persoalan yang terjadi di lapangan pada penyelenggaraan pilkades,” kata bupati.

Jika camat dapat mencermati dan mengantisiapasi segara permasalahan yang kemungkinan muncul, ujar Marwan, Pilkades Serentak di Kabupaten Sukabumi dapat berjalan dengan aman dan nyaman serta berkualitas.

“Para camat juga harus dapat bertindak selaku wasit yang adil dan dapat mencegah atau mengurangi konflik pada pilkades,” tuturnya.

Sebagai aparatur pemerintah yang mengetahui dan menguasai medan di lapangan, peranan camat sangat diperlukan untuk memberikan masukan kepada panitia pilkades di tingkat kabupaten maupun dalam mensosialisasikan pilkades kepada masyarakat. Pilkades harus diketahui masyarakat sebagai pembelajaran politik bagi warga.

“Dalam mensosialisasikan pilkades hendaknya para camat bekerja sama dan bahu-membahu dengan alim ulama dan tokoh masyarakat untuk mewujudkan pilkades yang aman, nyaman, tertib, dan berkualitas,” ujar Marwan.

“Kita semua berharap pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sukabumi bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman serta menghasilkan para kepala desa terbaik yang betul-betul siap menjadi pelayan masyarakat,” kata dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana menjelaskan,  tujuan bimtek untuk meningkatkan kesiapan aparatur di wilayah dalam menghadapi penyelenggaraan pilkades serentak. Peserta bimtek teridiri dari 47 camat yang bertugas di Kabupaten Sukabumi.

Pilkades Serentak di Kabupaten Sukabumi diselenggarakan di 240 desa pada bulan November 2019. Pemkab Sukabumi menyediakan dana sebesar Rp19,2 miliar untuk membiayai pemilihan tersebut. (*)