Wali Kota Mendorong Terwujudnya Puskesos di Tiap Kelurahan

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi terus mendorong terwujudnya Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) di tiap kelurahan. Sampai sekarang baru dua puskesos yang sudah beroperasi di Kota Sukabumi yaitu Puskesos K61 Karangtengah dan Puskesos K61 Karamat di Kecamatan Gunungpuyuh yang pembangunannya difasilitasi oleh Kementerian Sosial.

“Puskesos ini posisinya sangat penting karena dapat mendorong  upaya peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi masyarakat. Selain itu juga merupakan sistem rujukan pelayanan terpadu kepada masyarakat,” kata wali kota kepada wartawan, Senin (24/6/2019). 

Dijelaskan wali kota, Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh desa atau kelurahan. Melalui lembaga ini, warga miskin dan rentan miskin dapat memperoleh kemudahan dalam menjangkau pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

“Karena itu kehadiran Puskesos di tiap kelurahan harus segera diwujudkan. Kami akan mendorong terbentuknya lembaga ini hingga semua kelurahan memilikinya,” ujar Fahmi.

Sasaran Puskesos ini adalah masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdapat atau tidak terdapat dalam basis data terpadu PBDT (Pemutakhiran Basis Data Terpadu) Tahun 2015. Penerimaan manfaat Puskesos juga merupakan warga yang terdapat dalam basis data Siskadasatu (Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu).

Kelompok lainnya yang menjadi sasaran Puskesos adalah PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang tinggal kelurahan setempat. Selain itu  kelompok masyarakat yang memerlukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

“Kami harapkan kehadiran Puskesos di setiap kelurahan  dapat berdampak positif terhadap pencapaian visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta dapat memberikan manfaat untuk kepentingan pembangunan di berbagai bidang,” tuturnya.

Pemkot Sukabumi telah menyelenggarakan sosialisasi  pembentukan Puskesos tingkat kelurahan di Kantor Kelurahan Warudoyong, Kecamatan Warudoyong pertengahan pekan lalu. Wali kota mengharapkan sosialisasi tersebut dapat  memperlancar pembentukkan Puskesos di tiap  kelurahan. (*)