Curug Pareang, Harapan Baru Warga Jampangtengah

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menghabiskan waktu bersama anak-anak yang tinggal di sekitar Curug Pareang setelah peresmian objek wisata andalan di kawasan Pajampangan tersebut.

Wartawan Usep Mulyana

Curug Pareang yang terletak di Kampung Lembursitu, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi membawa harapan baru bagi warga sekitar. Air terjun yang memiliki tinggi 135 meter dengan lebar 80 meter dan kemiringan hingga mencapai 45 derajat itu diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat. 

Harapan itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat meresmikan Curug Pareang, Sabtu (15/6/2019). Dengan sedikit penataan dan penambahan spot rekreasi, ujar bupati, Curug Pareang akan menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Sukabumi. Curug Pareang harapan baru bagi Jampangtengah.

“Dengan adanya destinasi wisata seperti Curug Pareang ini masyarakat bisa tersejahterakan. Karena itu warga di sini harus turut serta menjaga Curug Pareang,” kata bupati.

Curug Pareang sudah tenar sejak zaman Belanda. Seorang warga negara Belanda mengabadikan curug ini pada foto yang diberi judul Panorama van de Waterval Cjibodjong Bij Soekaboemi pada awal abad XX. Foto ini disimpan di Tropen Museum, National Museum Cultures, Belanda.

Pada musim penghujan, Curug Pareang terlihat lebih indah jika dilihat dari bawah. Pemandangan yang tampak berupa delapan undakan bukit yang dialiri air jernih dengan gerakan pelan dan tenang. Suara gemuruhnya seperti alunan nada alami yang memanjakan telingan.

Belakangan, Curug Pareang ditata oleh sekelompok pemuda dan masyarakat di Desa Sindangresmi. Para pengelola menambahkan beberapa fasilitas di lingkungan air terjun tersebut seperti spot untuk selfie, saung, dan gapura sebagai akses masuk.

Di lokasi peresmian, Bupati Sukabumi sempat berbincang-bincang dengan warga. Dia pun menyisihkan banyak waktu untuk berdialog dengan anak-anak yang hadir pada peresmian Curug Pareang.

“Curug ini tinggal ditata sedikit dan ditambah areal untuk bermain. Saya harapkan masyarakat bisa ikut menjaga kebersihan dan keasrian kawasan ini untuk membuat nyaman para pengunjung,” ujar Marwan.

Keberadaan Curug Pareang, kata dia, dapat menjadi ciri khas Desa Sindangresmi. Dia menginginkan tiap desa memiliki ciri khas, baik itu wisata, kuliner, pertanian atau agrowisata sehingga ketika orang datang ke Sukabumi, mereka punya banyak pilihan. (*)