Sidang PHPU, Ulama Sukabumi Imbau Masyarakat Tunggu Keputusan MK

oleh -
Para tokoh agama dan pimpinan ormas menggelar silaturahmi bersama keluarga besar Polri dan TNI di Mako Polres Sukabumi Kota.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Menjelang sidang pertama Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), MUI Kota Sukabumi mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keutuhan, kerukunan, dan kedamaian. Proses Pemilu sampai dengan penghitungan suara telah berlalu, sekarang masyarakat menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI terkait sidang PHPU.

Imbauan itu disampaikan Ketua 1 MUI Kota Sukabumi, K.H. Apep Syaifuloh setelah mengikuti halal bi halal TNI-Polri bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ormas di Mako Polres Sukabumi Kota, Kamis (13/6/2019). Pasca gugatan Paslon Capres-Cawapre 02, kata Apep, suasana politik di Indonesia pun terus berubah disertai beberapa hal yang mungkin akan mengganggu stabilitas keamanan.

“Karena itu kami mengimbau masyarakat Kota Sukabumi untuk tetap menjaga keutuhan dan perdamaian sambil menanti hasil keputusan Mahkamah Konstitusi,” ujar Apep.

Masyarakat, ujar dia, harus menghormati proses persidangan yang tengah berjalan. Biarkan majelis hakim konsitusi menjalankan tugasnya tanpa intervensi dari pihak mana pun dan tanpa terganggu oleh gerakan massa. Majelis hakim akan membuat keputusan terbaik berdasarkan data dan fakta objektif.

“Kita sebagai masyarakat yang sudah memilih tinggal menjaga kesatuan dan persatuan agar tidak ada lagi kejadian yang mengganggu keamanan dan ketenangan seperti yang sudah-sudah, tutur dia. 

Sementara itu Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, acara halal bihalal dengan ulama dan ormas se-Kota Sukabumi bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi untuk menegaskan komitmen menjaga kondisi wilayah tetap kondusif.

“Terkait dengan kegiatan di Jakarta dan perselisihan hasil pemilu, kita mengharapkan tidak berimbas secara negatif ke wilayah Kota Sukabumi. Alhamdulillah para ulama dan semua tokoh agama sepakat menjaga kota ini agar kondisinya tetap aman dan tenang,” ujar Kapolres.

Di tempat silaturahmi juga tampak para pejabat dan tokoh agama seperti Dandim 0607 Letkol Kav Mujahidin, Pimpinan Pesantren Al-Fath KHM. Fajar Laksana, dan Sekretaris MUI Kota Sukabumi KHM. Kusoy. (*)