RSUD Al-Mulk Kedatangan Tim Surveyor untuk Akreditasi

oleh -
Plt. Asisten Sekda Kota Sukabumi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Iskandar Ihfan ketika menyampaikan sambutan kepada tim surveyor untuk akreditasi rumah sakit di RSUD Al-Mulk. Tampak duduk di belakangnya adalah Kepala RSUD Al-Mulk, Dr. Munifah Budi Isnaeni.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Rumah Sakit Tipe D Al-Mulk yang terletak di Lembusrsitu, Kota Sukabumi kedatangan tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Kamis (13/6/2019). Kehadiran tim itu bertujuan untuk melakukan penilaian dalam rangka peningkatan kualitas dan kapasitas pelayanan rumah sakit milik Pemkot Sukabumi tersebut.

“Kami sudah lama menunggu tim surveyor ini. Kami ingin mengetahui, apakah hasil kerja kami sejak RS Al-Mulk didirikan dapat memenuhi syarat akreditasi atau tidak,” kata Plt. Asisten Sekda Kota Sukabumi Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Iskandar Ihfan setelah menerima tim surveyor di RSUD Al-Mulk.

Tim surveyor dari KARS itu sebanyak tiga orang yang terdiri dari Dr. Rachmat Budi Prasetyo, Sp.U; Dr. Muhammad Mansur, M.Kes; dan Sujiasih, SKp, M.Pd. Mereka akan melakukan tugasnya sampai dengan Sabtu (15/6/2019). Tim menilai dan memeriksa pelayanan yang diberikan oleh RUSD Al-Mulk.

Rachmat Budi dan rekan-rekannya juga menerima ekspos dari Kepala RSUD Al-Mulk, Dr. Munifah  Budi Isnaeni terkait hal-hal yang sudah dilakukan jajaran rumah sakit serta fasilitas yang dimiliki. Ketiganya mengajukan pertanyaan secara detail kepada Munifah.

Sebelumnya tiba di RSUD Al-Mulk, tim surveyor diterima oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami di Balai Kota Sukabumi. Dari balai kota, mereka berangkat ke RSUD Al-Mulk yang terletak di dekat perbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi bersama Iskandar.

Atas nama Pemkot Sukabumi, Iskandar yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi mengharapkan  hasil penilaian sesuai dengan harapan bersama yakni RSUD Al-Mulk bisa memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. 

Selama ini RSUD Al-Mulk memberikan pelayanan gratis melalui program Cetek atau cukup dengan KTP dan kartu keluarga bagi warga Kota Sukabumi. 

“Sekarang sudah ada pelayanan BPJS juga di Rumah sakit Al-Mulk. Kami mengarahkan masyarakat untuk memiliki kartu BPJS. Pasien yang belum menjadi peserta BPJS dapat memperoleh pelayanan dari program Cetek,” ujar Iskandar.

Agendanya, Jumat (14/6/2019), tim surveyor akan berdialog dengan owner rumah sakit yakni Wali Kota Sukabumi. (*)