Kapolres Harapkan, Arus Balik Berakhir Hari Ini

oleh -
Kepala Polres Sukabumi, AKBP Nasriadi

Wartawan Usep Mulyana

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengharapkan musim arus balik Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun 2019 berakhir hari ini. Sebelum arus balik benar-benar selesai, jajaran Polres Sukabumi bersama berbagai unsur Pemkab Sukabumi dan elemen masyarakat akan tetap bersiaga untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas.

“Arus kendaraan tetap cukup ramai, terutama para pengunjung ke objek wisata. Anak-anak sekolah masih liburan. Kami harapkan, arus balik berakhir Kamis ini,” kata Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi kepada wartawan seusai mengikuti acara halal bi halal tingkat Kabupaten Sukabumi di Pendopo Sukabumi, Rabu (12/6/2019) petang.

Dengan berakhirnya arus balik, ujar Kapolres, kepadatan lalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Sukabumi akan kembali normal seperti hari-hari biasa. Dalam dua minggu terakhir, petugas dan masayarakat disibukkan dengan ramainya arus mudik yang disusul dengan arus balik dan arus kendaraan wisatawan ke berbagai destinasi objek wisata.

“Kami memantau di lapangan, arus kendaraan masih memadati beberapa lokasi wisata,” ujar Kapolres.

Selama musim arus mudik dan arus balik, kata AKBP Nasriadi, secara keseluruhan penanganan arus lalu lintas berjalan dengan lancar. Beberapa hari setelah Hari H Idul Fitri 1440 Hijriyah, kendaraan yang  mengikuti arus mudik sudah mulai jarang, sebaliknya arus balik mulai ramai.

Pada akhir pekan lalu, arus balik mencapai puncaknya. Setelah itu perlahan-lahan jumlah kendaraan bermotor yang meninggalkan Sukabumi mulai berkurang. Menurut Kapolres, musim arus balik akan benar-benar berakhir pada minggu ini. Pekan depan, arus kendaraan yang datang dan meninggalkan akan kembali ke titik normal.  

“Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta menjaga kelancaran dan ketertiban lalu lintas selama arus mudik dan arus balik. Tanpa partisipasi masyarakat, penanganan arus mudik dan arus balik tidak mungkin dapat berjalan dengan baik,” tutur Kapolres.

Sebagian besar masyarakat, kata AKBP Nasriadi, mematuhi imbauan petugas dalam mentaati peraturan dan ketertiban lalu lintas. Dengan mematuhi peraturan, ujar dia, berarti masyarakat ikut mendukung petugas kepolisian dan unsur lainnya yang terlibat dalam Operasi Ketupat Lodaya 2019. (*)