Halal Bi Halal, Bupati Ajak Masyarakat Perkuat Ukhuwah

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang diperbuatnya pada acara silaturahmi dan halal bi halal tingkat Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak masyarakat untuk selalu memperkuat ukhuwah atau persaudaraan dalam rangka mewujudkan Sukabumi lebih baik. Dia berkeyakinan, ukhuwah yang terbentuk oleh jalinan silaturahmi akan bertahan lama dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

Ajakan bupati itu disampaikan saat menyampaikan sambutan pada acara silaturahmi dan halal bi halal Idul Fitri 1440 Hijriyah tingkat Kabupaten Sukabumi di Pelataran Pudak Arum Pendopo Sukabumi, Rabu (12/6/2019). Pada acara itu, bupati berbicara sesuai dengan tema kegiatan yang berbunyi “Merajut silaturahmi, memperkuat ukhuwah, membangun Sukabumi lebih baik”.  

“Di hari fitri ini kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi  serta saya pribadi mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan kepada Bapak dan Ibu semua, umumnya masyarakat Kabupaten Sukabumi,” kata bupati.

Sebaliknya Bupati Marwan dengan segala keikhlasan siap dan sanggup memberikan maaf kepada hadirin halal bi halal. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada hadirin yang memenuhi Pelataran Pudak Arum.

Di antara hadirin tampak jajaran muspida, para pejabat daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat seperti Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono; Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, HM. Agus Mulyadi; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro; Dandim 0607, Letkol Kav. Mujahidin; dan Kajari Cibadak, Alex Sumarna.

Hadir pula Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri;  Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi, H. Abas Resmana; Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, DR. KH. A. Komrudin; Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, HU. Ruyani; dan Bendahara PCNU Kabupaten Sukabumi, H. Budi Zaboer Irawan.

Di tempat yang sama Ketua MUI menyampaikan ceramah hikmah halal bi halal dan Idul Fitri. Kiai Komarudin menyampaikan, acara halal bihal selain untuk mempererat tali persaudaraan juga untuk menyatukan hal-hal yang selama ini dianggap  kurang harmonis.

“Tentunya dengan adanya acara ini, hal-hal yang kurang bisa dicairkan. Banyak manfaat kegiatan ini bagi kita. Umat Islam diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjalin silaturahmi sebagaimana tercantum pada Surat Annisa ayat pertama,” ujar tokoh agama yang akrab dipanggal Kiai Oman ini.

Semangat halal bi halal dan silaturahmi, lanjut dia, harus dipelihara selamanya untuk menyamakan dan menyatukan persepsi masyarakat. Semuanya, kata Kiai Oman,  harus mengarah dalam rangka  menuju Sukabumi lebih baik, religius, dan mandiri. (*)