Wali Kota Mengabsen Pegawai di Lingkungan Setda

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah, berpeci) saat sidak di salah satu ruangan di lingkungan Setda Kota Sukabumi pada hari pertama kerja setelah cuti panjang Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengabsen langsung para pegawai pada hari pertama kerja setelah cuti panjang Idul Fitri 1440 Hijriyah di lingkungan Setda, Senin (10/6/2019). Kegiatan wali kota itu dilakukan di sela sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa ruangan untuk memastikan ketaatan pegawai terhadap aturan masuk kerja setelah libur Lebaran.

Dia memanggil satu-persatu pegawai yang hadir di ruang kerjanya masing-masing. Setelah mengabsen dan memeriksa setiap ruangan, Fahmi tampak senang karena tingkat kehadiran pegawai sesuai dengan harapannya. Dia tidak menemukan pegawai yang mangkir atau melanggar ketentuan cuti.  

“Hasil sidak untuk lingkungan Setda Kota Sukabumi, saya pastikan tingkat kehadiran 100 persen. Untuk lingkup OPD lain sedang dipantau oleh Pak Sekda dan para Asda bersama tim,” kata Fahmi di sela kegiatan sidaknya.

Sidak yang dilakukan oleh Wali Kota Sukabumi itu merupakan tindak lanjut dari surat Kemenpan RB yang mewajibkan seluruh ASN masuk kerja pada hari pertama setelah cuti bersama Idul Fitri. Sesuai petunjuk dari Kemenpan RB, wali kota harus melaporkan hasil pantauan dan absensi hari pertama itu pada pukul 15.00 WIB ke Jakarta.

“Kami harus melaporkan absensi hari ini. Apabila ditemukan ASN yang melanggar aturan, kami akan melaporkannya ke Kemenpan RB yang tembusannya disampaikan kepada Badan Kepegawaian Negara,” ujar Fahmi.

Untuk memantau kehadiran seluruh pegawai, wali kota membentuk enam tim yang diterjunkan ke perangkat daerah dan wilayah. Asisten Sekda Kota Sukabumi Bidang Pemerintahan dan Hukum, Andri Setiawan mengatakan, hasil sidak yang dilakukan bersama tim menunjukkan, 100 persen ASN di kantor kecamatan dan kelurahan masuk  kerja di hari pertama.

“Hanya ada beberapa pegawai yang tidak masuk kerja karena sakit dan dirawat di rumah sakit seperti Sekmat Baros yang sedang dalam perawatan medis. Tidak ada ASN di wilayah yang mengajukan cuti tambahan ke atasannya,” ujar dia.

Andri juga memantau langsung pelayanan publik di setiap kantor kecamatan. Dia menyaksikan lonjakan pelayanan administrasi di kecamatan-kecamatan Cikole, Warudoyog, dan Citamiang. Semua pelayanan publik di wilayah kembali berjalan normal dan masyarakat dapat terlayani.

“Saya sampaikan terima kasih kepada teman-teman di wilayah yang dapat melayani masyarakat dengan baik,” ungkapnya. (*)