Hari Pertama Kerja, Bupati Datangi Tiap Ruangan di Setda

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melakukan inspeksi ke tiap ruangan pada hari pertama kerja setelah cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah di lingkungan Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu.

Wartawan Usep Mulyana

Hari pertama kerja setelah cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriyah, Senin (10/6/2019), Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mendatangi setiap ruangan di Setda Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu. Saat berkeliling ke lingkungan setda itu, bupati bersalaman dengan para pegawai dan memastikan kesiapan para pegawai dalam menjalani hari pertama setelah liburan panjang.

Dalam inspeksinya, bupati berdiskusi dengan para pegawai tentang kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh jajaran setda.  Selain itu dia  juga memeriksa kondisi ruangan dan alat-alat kerja yang digunakan para pegawai untuk dipastikan fungsinya dapat berjalan dengan baik.

“Banyak laporan mengenai kondisi ruang di Sekretariat Daerah. Kenyamanan untuk pelayanan kepada masyarakat harus kami utamakan. Nanti kami akan mengevaluasi fungsi dan penataan ruangnya,” kata bupti di sela kegiatan inspeksinya.

Dia pun memeriksa alat pemadam api ringan, pendingin ruangan, dan toilet di setiap ruangan. Kenyamanan ruangan, ujar dia, akan berpengaruh terhadap tingkat pelayanan. Posisi ruang kerja harus ideal dan mendukung kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada bagian lain bupati menanggapi soal ruang smoking area setelah memergoki pegawai yang sedang merokok di ruang kerja. Aturan tentang ruang khusus untuk merokok telah ada, kata dia, tinggal penyediaan sarananya. 

“Aturannya kan sudah ada. Yang paling penting, pegawai yang merokok di ruangan kerja harus diingatkan. Kasihan ibu-ibu atau karyawan lain yang tidak merokok,” tandasnya. 

Setelah berkeliling ke tiap ruangan, Bupati Sukabumi menyampaikan instruksi kepada Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Sosial untuk mengevaluasi dan menyesuaikan kebutuhan ruang sesuai dengan fungsi tiap unit kerja termasuk ruang pelayanan untuk masyarakat.

Ditanya tentang Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MENPAN RB) Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, bupati mengatakan, pemantauan dan laporan tersebut menjadi tanggung jawab pimpinan perangkat daerah.

“Jelaslah itu. Nanti pengecekannya menjadi tanggung jawab pimpinan  perangkat daerah masing masing,” kata dia. (*)