Curug Caweni Makin Eksis dan Diminati Wisatawan

oleh -
Dari kejauhan, aliran air pada dinding bukit di Curug Caweni tampak seperti lukisan hasil karya para seniman bahari.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Curug Caweni yang terletak di Desa Cidolog, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi semakin eksis sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Pajampangan. Berkat pengelolaan oleh kelompok pemuda Karang Taruna setempat, curug ini kian terkenal dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Salah satu ciri khas Curug Caweni adalah  bentuk air terjunnya yang tidak langsung jatuh dari puncak ke bawah, tetapi mengalir lewat dinding bukit. Selain itu, airnya yang sejuk dan memercik ke sekeliling curug menimbulkan butir-butir air yang menyegarkan udara lingkungan.

Para pengunjung juga tertarik dengan goa-goa yang terdapat di sekitar Curug Caweni. Salah seorang pengurus Karang Taruna Desa Cidolog, Eka Nandang mengatakan, dari waktu ke waktu, jumlah pengunjung ke Curug Caweni terus bertambah. Selama musim liburan Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun ini, ujar Eka, jumlah wisatawan yang datang ke curug tersebut melonjak cukup tajam dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Berita Terkait ………….

“Penambahan pengunjung Idul Fitri sekarang sekitar 80 persen. Kami memperkenalkan dan mempromosikan Curug Caweni secara terus-menerus lewat media sosial,” tutur Eka.

Banyaknya keunggulan dan berbagai kemudahan yang menjadikan Curug Caweni sebagai destinasi favorit. Perjalanan ke lokasi curug ini relatif mudah karena dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan bermotor hingga ke gerbang curug. Tiket masuknya murah meriah, cuma Rp2 ribu/orang dengan tarif parkir yang juga terjangkau yakni Rp10 ribu untuk mobil dan Rp5.000 untuk sepeda motor.

“Pengunjung bisa juga menyewa gazebo dengan harga Rp10 ribu perjam termasuk sewa tikar,” jelasnya. 

Sementara salah seorang pengunjung Curug Caweni dari Kota Sukabumi, Imam Ahmadzaen HS mengatakan, dia bersama keluarganya sering menghabiskan hari libur di curug tersebut. Tempatnya cocok untuk tempat liburan dan refreshing. Imam menyatakan salut kepada Pemkab Sukabumi yang telah membangun infrastruktur penunjang menuju Curug Caweni.

Perjalanan ke Curug Caweni relatif cepat, sekitar 3 jam dari Kota Sukabumi melalui Nyalindung, Purabaya, dan Sagaranten. (*)