Curug Cikaso dan Cibayawak Dipadati Puluhan Ribu Pengunjung

oleh -
Curug Cikaso di Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi termasuk objek wisata favorit di Pajampangan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur.

Wartawan Agus Rahayu Susafha

Dua objek wisata yang di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Curug Cikaso dan Cibayawak Pantai Ujunggenteng di Kabupaten Sukabumi dipadati pengunjung pada liburan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Sampai Minggu (9/6/2019), kedua objek wisata di wilayah Pajampangan tersebut dipadati wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Jumlah pengunjung di Curug Cikaso yang terletak di Kampung Ciniti, Desa/Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi mencapai sekitar 5.000 orang. Pengurus objek wisata Curug Cikaso, H. Mumu mengatakan, sejak hari pertama Idul Fitri, pengunjung terus berdatangan hingga hari terakhir musim liburan.

Para pengunjung tampak sangat menikmati percikan air curug yang mengalir deras dari balik bukit. Mereka duduk-duduk di bangku tembok yang terletak di sekitar air terjun. Sebagian melihat dan menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT tersebut. Para pengunjung itu merupakan wisatawan lokal yang sebagian di antaranya sudah berkali-kali berkunjung ke Curug Cikaso.

Berita Terkait ……….

“Kehadiran para wisatawan ke tempat ini membawa berkah bagi para pelaku usaha perdagangan dan pemilik penginapan,” ujar Mumu.

Para pebisnis kecil-kecilan yang menikmati berkah tersebut antara lain pedagang makanan dan minuman. Ada juga pedagang mainan anak-anak. Begitu juga pengelola penginapan, salah satunya Villa Paradeso yang letaknya tidak terlalu jauh dari Curug Cikaso. Penginapan yang dikelola oleh Kang Mundeng dan istrinya Teh Dewi ramapi dikunjungi wisatawan.

Salah seorang pengunjung, Maman warga Sagaranten, Kabupaten Sukabumi mengatakan, Curug Cikaso perlu dibenahi, diperbaiki, dan ditata lingkungannya agar bisa mendatangkan wisatawan yang lebih banyak. Akan lebih baik lagi, ujar Maman, jika pemda membangun taman kecil disertai bangku-bangku kecil untuk menambah nyaman dan betah para pengunjung.

Keindahan Pantai Cibayawak Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mengundang ribuan wisatawan untuk menikmati musim libur di tempat tersebut.

Sementara jumlah pengunjung Cibayawak Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi diperkirakan mencapai 20 ribu pada hari terakhir liburan Idul Fitri tahun ini. Arus lalu lintas menuju pantai tersebut mengalami macet sepanjang 1 kilometer. Kebetulan cuaca di sekitar pantai sedang cerah sehingga wisatawan sangat bersemangat berkunjung ke Cibayawak. 

Dilihat dari plat kendaraan roda empat yang diparkir di sekitar pantai, para wisatawan yang datang ke Cibayawak berasal dari Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Bogor, Bandung, dan Jakarta. (*)