Peraihan Opini WTP Membutuhkan Komitmen Bersama

oleh -
Di bawah kepemimpinan Bupati H. Marwan Hamami (tengah) dan Wakil Bupati H. Adjo Sardjono (kiri) dengan dukungan personel dan administrasi dari Sekda H. Iyos Somantri, Kabupaten Sukabumi meraih ratusan penghargaan dan tahun ini untuk kelima kalinya mendapatkan opini WTP dari BPK RI.

Wartawan Usep Mulyana

Meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) bukanlah perkara yang mudah.  Dalam mewujudkannya dibutuhkan komitmen bersama karena opini WTP merupakan pernyataan profesional dari auditor negara mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

Empat kriteria yang harus dipenuhi dalam laporan keuangan daerah untuk dapat meraih opini WTP, ujar bupati, terdiri dari kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami seusai acara penyerahan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan insentif guru Madrasyah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) tahun 2019 di Pendopo Sukabumi, Sabtu (1/6/2019).

“Setiap daerah wajib meraih opini WTP karena opini ini menunjukkan kualitas  kewajaran informasi keuangan yang disajikan,” kata bupati.

Menurut Marwan, pencapaian WTP tersebut merupakan hasil kerja sama semua pihak terutama dalam mengimplementasikan program yang didukung sistem administrasi yang baik.

“Seperti pada kegiatan hari ini, saya ingatkan anggaran itu adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dan harus disalurkan dengan tertib dan administrasi yang baik,” tambahnya.

Didapat informasi,  sampai dengan tahun ini, Pemkab Sukabumi telah meraih predikat WTP sebanyak 5 kali. Tidak hanya mendapatkan opini WTP, selama kurun waktu 3,5 tahun, Bupati  Sukabumi  H. Marwan Hamami dan Wakilnya H. Adjo Sardjono  telah meraih 118 penghargaan untuk tingkat provinsi dan nasional.

Ditemui di tempat penyerahan BOP madrasah, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri mengatakan, penghargaan untuk Pemkab Sukabumi bisa lebih dari 118 jika digabungkan dengan penghargaan yang diterima oleh perangkat daerah.

“Kami selalu mencatat penghargaan yang diterima oleh Pak Bupati atau Pak Wakil Bupati. Saat ini kami tengah mengumpulkan data penghargaan yang diterima oleh perangkat daerah,” ujar birokrat multitalenta yang akrab disapa Kang Bima ini. (*)