Bupati Minta Peran Aktif Media Sampaikan Kondisi di Lapangan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak para wartawan untuk menjalin kerja sama secara profesional dengan Pemkab Sukabumi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meminta para wartawan untuk aktif menyampaikan kondisi dan fakta di lapangan. Hal itu sesuai dengan fungsi pers sebagai media informasi dan kontrol sosial. Namun dalam penyampaian fakta dan kritik, insan pers harus menempuh konfirmasi kepada pejabat yang bersangkutan.

Hal itu disampaikan bupati pada acara silaturahmi dengan insan pers di Pendopo Sukabumi, Rabu (29/5/2019). Bupati meminta media bisa lebih mempertimbangkan kembali, perlu tidak atau layak tidaknya sebuah bahan berita ditayangkan.

“Ketika wartawan sudah punya data, saya setuju silahkan beritanya dinaikkan. Jangan karena dekat dengan bupati, wartawan merasa tidak enak untuk menaikkan suatu berita,” kata Marwan.

Kondisi di lapangan yang dimaksudkannya, bisa berupa implementasi kebijakan maupun hasil pembangunan. Akan tetapi, kata dia, isi berita harus sesuai dengan kondisi di lapangan dan dilengkapi dengan konfirmasi terpercaya dari  sumber terkait.

Dalam menjalin silahturahmi dengan awak media, bupati mengharapkan terjalinnya sinergitas yang padu dan solid dengan Pemkab Sukabumi. Dia mengajak para wartawan untuk menyatukan persepsi dan berpikir positif tentang pembangunan di Sukabumi.

“Jangan sampai terjadi mislink antara Pemkab dengan media saat mendapatkan informasi. Saya mengharapkan media lebih profesional dalam pemberitaan. Cek dan ricek dalam  sebuah pemberitaan wajib sifatnya,” kata Marwan.

Bupati juga menginginkan  semua SKPD bisa transparan dan terbuka mengenai kinerja mereka untuk disampaikan kepada wartawan. Dengan demikian, para wartawan akan selalu mendapatkan bahan yang berimbang untuk berita yang akan dibuatnya.

Pada acara itu bupati didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi, Joni Bambang Sunyoto dan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfosan, Herdy Somantri. Di tempat silaturahmi tampak ratusan wartawan dari berbagai media massa.

Marwan menambahkan, sepanjang menjabat bupati selama kurang lebih 3,5 tahun, baru pertama kali ini dia berkumpul dan bersilaturahmi dengan para wartawan secara lengkap. Dia mengajak para wartawan untuk berperan aktif dalam pembangunan sesuai tema silaturahmi yang berbunyi ‘membangun Sukabumi bersama media’. (*)