Muhibah Ramadhan, Media Silaturahmi dan Jaring Aspirasi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menandatangani prasasti MDTA Al-Hijrah pada kegiatan Muhibah Ramadhan di Masjid Al-Hafidiyah Cikembar.

Wartawan Usep Mulyana

Banyak jalan untuk menjalin dan mempererat silaturahmi, salah satunya melalui kegiatan Muhibah Ramadhan. Dengan Muhibah Ramadhan, jajaran Pemkab Sukabumi dan masyarakat bisa saling menyapa untuk menjaga dan meningkatkan silaturahmi serta bertukar pikiran tentang dinamika masyarakat dan pembangunan.  

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dalam pidato pada kegiatan Muhibah Ramadhan 1440 Hijriyah di Masjid Al-Hafidiyah Cikembar, Senin (20/5/2019). Pada acara itu turut hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono dan Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri.

“Selain untuk silaturahmi, tujuan lain yang tidak kalah penting dari Muhibah Ramadhan adalah untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat terkait pembangunan,” ujar Marwan.

Melalui kegiatan silaturahmi tersebut, lanjut dia, jajaran Pemkab Sukabumi bisa mensosialisasikan program pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan. Demikian pula, kata bupati,  dirinya bisa menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterlibatan serta partisipasi di dalam program dan kegiatan pembangunan maupun pemberdayaan.

“Dengan disosialisasikannya program pembangunan, diharapkan masyarakat juga bisa ikut serta dalam pengawasan. Tujuannya untuk mensukseskan pelaksanaan program pembangunan,” tuturnya.  

Semua program pembangunan, khususnya infrastruktur, lanjut bupati, harus bisa dilaksanakan dengan baik, tepat waktu, tepat sasaran, dan hasilnya bisa memenuhi harapan masyarakat. 

Pada acara itu, bupati meresmikan MDTA Al-Hijrah yang terletak di Komplek Ruhama, Kalaparea, Cikembar. Peresmian madrasah tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti di tempat Muhibah Ramadhan.

Selain itu, kata Marwan, Muhibah Ramadahan dapat dijadikan forum konsultasi antara ulama, umaro, dan masyarakat. Masyarakat dapat mengkomunikasikan segala permasalahan yng terjadi di tengah mereka kepada para pejabat dan tokoh agama yang hadir pada kegiatan tersebut.

Pada bagian lain bupati mengimbau masyarakat untuk menunaikan kewajiban membayar zakat, zakat fitrah, dan sedekah kepada Baznas Kabupaten Sukabumi. Zakat dan sedekah dapat membangun kebahagiaan bersama sehingga akan terjalin kebersamaan dan makin eratnya rasa kekeluargaan. 

Di tempat yang sama Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah melaporkan progres pembangunan infrastruktur di wilayah yang dipimpinnya. Kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan antara lain pengecoran jalan, pembangunan kantor kecamatan, dan pembangunan madrasyah diniyah.

Di akhir acara, bupati  menyerahkan santunan 150 paket sembako kepada kaum dhuafa dan 15 mushaf Al-Quran kepada pengurus DKM. (*)