Jelang Musim Mudik, Petugas Perbaiki PJU Jalan Protokol

oleh -
Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi memperbaiki sarana PJU di sepanjang jalan protokol Sukabumi-Bogor menjelang tibanya musim sibuk arus mudik dan arus balik.

Wartawan Usep Mulyana

Menjelang tibanya kesibukan arus lalu lintas pada musim musik Idul Fitri 1440 Hijriyah, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi mulai melakukan penataan dan perbaikan berbagai sarana lalu lintas dan jalan. Salah satu sarana yang dibenahi dan diperbaiki adalah sarana penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik pada ruas jalan protokol Sukabumi-Bogor.

“Kami sudah melakukan perbaikan PJU yang berlokasi di jalan protokol antara Sukabumi dan Bogor. Perbaikan ini kami lakukan secara bertahap,” kata Kepala Bidang Teknik dan Prasarana Dishub Kabupaten Sukabumi, Uus Firdaus ketika meninjau perbaikan PJU di persimpangan dekat TMC Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2019).

Total sarana PJU yang diperbaiki mencapai 30 unit yang menyebar di sepanjang jalan protokol di wilayah UPTD Perhubungan Wilayah Cibadak. Perbaikan yang dilakukan meliputi penggantian lampu, kabel, sekring, batere, LED street lighting, atau komponen lainnya yang rusak.

“Di semua titik PJU yang kami periksa dilakukan perbaikan dan penggantian lampu agar sarana PJU dapat berfungsi dengan baik dan normal,” jelas Uus.

Targetnya, pada musim arus mudik dan arus balik, semua PJU di jalan protokol dapat berfungsi dengan baik. Setelah perbaikan sarana PJU, para pengguna jalan dari kedua arah tidak perlu khawatir munculnya gangguan keamanan saat melintas pada malam hari di sepanjang ruas jalan protokol.

“Lampu PJU yang berfungsi dengan baik dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas dan gangguan keamanan. Kami harapkan para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dapat menikmati perjalanan mudik dengan aman dan nyaman selama melintas di wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Uus.

Proses perbaikan dan pembenahan sarana PJU di UPTD Perhubungan Wilayah Cibadak bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna jalan khususnya para Pemudik yang akan melintasi ruas jalur protokol Sukabumi-Bogor, tambah Uus. (*)