Silaturrahiim, Kapolda Jabar Berkunjung ke Pesantren Al-Fath

oleh -
Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath, KH. Fajar Laksana menunjukkan catatan perjalanan sejarah Museum Prabu Siliwangi yang dikelolanya kepada Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi ketika berkunjung ke pesantren tersebut.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Belum genap tiga minggu menjabat,  Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi sudah hampir menyelesaikan kunjungan silaturrahiim ke daerah-daerah di wilayah tugasnya. Di tengah situasi yang cukup panas menjelang pengumuman KPU RI tanggal 22 Mei, Kapolda Jabar berkunjung ke beberapa pondok pesantren di Sukabumi untuk memperkenalkan diri dan silaturahmi. 

“Saya datang ke sini, tujuan nomor satu adalah untuk silaturahmi. Saya juga ingin memperkenalkan diri bahwa saya, takdirnya Allah SWT, menjadi Kapolda Jawa Barat,” kata Irjen Pol Rudy saat doorstop dengan wartawan di Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi, Minggu (19/5/2019) sore.

Tujuan kedua, lanjut dia, adalah  berdiskusi dalam rangka  mengamankan situasi yang saat ini diwarnai isu people power yang ramai di media sosial. Bagaimanapun, kata jenderal berbintang dua di pundaknya itu, people power tidak menguntungkan bagi keamanan di Jakarta dan bahkan di seluruh Indonesia.

Menjelang tibanya tanggal 22 Mei yang tinggal menghitung hari, kata Kapolda, dia dan jajarannya harus menjamin bahwa kamtibmas di wilayah Jawa Barat dalam keadaan aman dan kondusif. Karena itu, Irjen Pol Rudy merasa perlu mengadakan diskusi untuk meminta masukan dari kalangan tokoh agama terkait langkah-langkah bersama untuk mempertahankan kamtibmas.

“Makanya saya berdiskusi untuk mencari solusi dan langkah-langkah terbaik guna mewujudkan keamanan di daerah kita,” ujarnya.

Kepada wartawan, Kapolda Jabar menegaskan bahwa situasi kamtibmas di wilayah Jawa Barat, termasuk Sukabumi tetap kondusif. Insya Allah, lanjut dia, wilayah  Jawa Barat berada dalam situasi aman menjelang, selama, dan sesudah pengumuman hasil Pemilu 2019 di KPU.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Dzikir Alfath, K.H. Fajar Laksana mengatakan, kehadiran Kapolda Jawa Barat ke pesantren yang dikelolanya memberikan ketenangan di tengah isu-isu negatif yang berseliweran di  media sosial.

“Hadirnya Pak Kapolda ke sini tentu memberikan ketenangan kepada kami. Tadi juga sudah diyakinkan oleh beliau bahwa Indonesia dalam keadaan kondusif karena TNI-Polri dalam keadaan solid untuk melakukan pengamanan,” kata Fajar.

Dari Pesantren Al-Fath, Kapolda yang didampingi Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi;  dan Dandim 0607, Letkol Kav. Mujahidin berkunjung ke Pesantren An-Nidzom, Selabintana,  Sukabumi.

Di pesantren tersebut, Irjen Pol Rudy disambut oleh Pimpinan Pesantren An-Nidzom, KH Abdullah Mukhtar dan Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono. Rombongan berbuka puasa dan shalat tarawih di Pesantren An-Nidzom. (*)