Masyarakat Dapat Sampaikan Aspirasi pada Muhibah Ramadhan

oleh -
Bupati menyerahkan santunan kepada kaum dhuafa pada acara Muhibah Ramadhan di Masjid Al-Ittihad di Kampung Muara, Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Muhibah Ramadhan merupakan forum silaturahmi yang juga untuk membahas kegiatan pembangunan di wilayah. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya terkait kebutuhan pembangunan infrastruktur yang langsung diserap oleh perangkat daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada kegiatan Muhibah Ramadhan 1440 Hijriyah di halaman Masjid Al-Ittihad di Kampung Muara, Desa/Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jumat (17/5/2019). Pada setiap Muhibah Ramadhan, ujar bupati, dirinya selalu mengajak serta unsur perangkat daerah sebagai pelaksana teknis kegiatan pembangunan.

“Pada setiap Muhibah Ramadhan turut hadir unsur-unsur perangkat daerah untuk ikut menyerap aspirasi masyarakat,” kata Marwan.

Dengan hadirnya unsur perangkat daerah, lanjut bupati, setiap permasalahan pembangunan yang disampaikan masyarakat dapat diselesaikan dengan komunikasi langsung. Diharapkannya Muhibah Ramadhan dapat membangun kebersamaan antara masyarakat dan pemda sehingga Sukabumi lebih baik bisa terwujud. 

“Tentunya karena keterbatasan anggaran, pelaksanaan pembangunan dilaksanakan tahap demi tahap. Pada prinsipnya semua program dan kegiatan pembangunan harus bisa dilaksanakan dengan baik,” terangnya.

Bupati memohon kepada masyarakat untuk bersabar bila ada usulan pembangunan yang belum bisa dilaksanakan.

Selain itu, kata Marwan, Muhibah Ramadhan merupakan media silaturahmi untuk merekatkan hubungan antara ulama, umaro, dan masyarakat. Dia mengharapkan silaturahmi yang sudah terjalin selalu dijaga dengan baik.

Pada kesempatan itu Camat Purabaya, Sujana melaporkan banyaknya jalan di wilayah Kecamatan Purabaya yang harus diperbaiki. Sujana juga menyampaikan kegiatan sosialiasi pengumpulan zakat fitrah dan sedekah di Kecamatan Purabaya.

Pada acara itu, bupati menyerahkan 150 paket sembako kepada penerima manfaat asal Desa Purabaya dan 15 mushaf Al-Quran kepada DKM Al-Ittihad. Sembako dan mushaf Al-Quran itu berasal dari Bagian Sosial dan Keagamaan Setda dan Baznas Kabupaten Sukabumi. (*)