Tekan Harga, Pemda Salurkan 8.000 Paket Bahan Pokok untuk OPM

oleh -
Warga Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi bersama perwakilan Pemprov Jabar dan Pemkab Sukabumi pada operasi pasar untuk menekan harga barang kebutuhan pokok.

Wartawan Usep Mulyana

Guna menekan kenaikan harga bahan pokok, Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat menggelar operasi pasar murah (OPM) di tiga kecamatan. Pada OPM tersebut, kedua pemda mendistribusikan 8.000 paket sembako murah untuk warga kurang mampu yang berdaya beli rendah.

Kepala UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Keramik dan Tabung Gas Bogor, Nalendra Wisaksono yang mewakili Pemprov Jabar menjelaskan, tujuan OPM adalah untuk menekan harga bahan pokok yang akhir-akhir ini terus naik seakan tidak terkendali.

“Paket sembako tersebut diberikan kepada warga yang memiliki kupon dan berhak mendapatkan barang dengan harga murah,” kata Nailendra ketika ditemui di lokasi OPM di Kampung Cilubang, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi pada hari operasi, Rabu (15/5/2019).

Tiga kecamatan yang mendapatkan jatah paket sembako tersebut adalah Kecamatan Cicantayan, Kecamatan Sukabumi, dan Kecamatan Cidahu. Untuk Kecamatan Cicantayan, jatah paket bahan pokok pada OPM mencapai 4.000 kupon yang dibagikan kepada warga kurang mampu.

Kupon-kupon jatah Kecamatan Cicantayan tersebut dibagi rata untuk delapan desa sehingga masing-masing desa mendapatkan 500 kupon. Adapun dua kecamatan lainnya yaitu Sukabumi dan Cidahu masing-masing memperoleh 3.000 kupon dan 1.000 kupon.

“Kami harapkan operasi pasar ini dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok sehingga tetap terjangkau oleh masyarakat. Dengan demikian, harga bahan pokok yang berlaku di pasar akan sesuai dengan daya beli masyarakat,” tutur Nailendra.

Pada operasi tersebut, Pemkab Sukabumi diwakili oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM. OPM, ujar Nalendra, merupakan wujud kepedulian dan dukungan pemerintah daerah terhadap upaya perlindungan daya beli, terutama untuk keluarga kurang mampu. (*)