Muhibah Ramadhan, Bupati Minta Masyarakat Menjaga Ukhuwah Islamiyah

oleh -
Bupati menyerahkan santunan dan bantuan kepada anak dari keluarga kurang mampu pada acara Muhibah Ramadhan di Masjid Palabuhanratu.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meminta masyarakat untuk selalu menjaga ukuwah Islamiyah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi sebagai wilayah yang dicintai dan nyaman sebagai tempat tinggal. Kewajiban menjaga ukhuwah Islamiyah harus dilakukan oleh semua kalangan termasuk ulama, umaro, dan masyarakat luas.

Ajakan bupati itu disamapikan dalam sambutan pada acara Muhibah Ramadhan di Masjid Agung Palabuhanratu bersama para pejabat Pemkab Sukabumi, tokoh agama, pemuka masyarakat, dan masyarakst, Senin (13/5/2019) petang. Khusus untuk masyarakat Palabuhanratu, ujar bupati, persaudaraan dan persatuan tersebut harus terjaga karena tidak lama lagi Palabuhanratu akan dijadikan pusat semua pelayanan.

“Muhibah Ramadhan merupakan kegiatan silaturahmi antara masyarakat dengan para ulama dan umaro yang bertujuan untuk menyamakan pemahaman dan persepsi dalam mewujudkan Sukabumi yang religius dan mandiri sehingga ke depan Sukabumi akan lebih baik,” ujar Marwan.

Pada bagian lain bupati mengajak masyarakat untuk memaknai bulan suci Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Bulan Ramadhan, kata dia, adalah bulan yang penuh dengan kesabaran sehingga pahala bagi orang orang yang bisa meningkatkan kesabaran adalah surga. Pergunakan bulan suci ini dengan sebaik baiknya disertai keimanan,  ketakwaan, dan keikhlasan. 

“Semoga kita bisa menjaga kesucian bulan Ramadhan dan semoga kegiatan Muhibah Ramadhan ini bisa membawa berkah bagi warga Kabupaten Sukabumi,” harapnya. 

Bupati juga menekankan, Muhibah Ramadhan sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat mengetahui hal-hal yang telah dan akan dilakukan oleh Pemkab Sukabumi.

“Pembangunan perlu dilakukan bersama. Masyarakat, ulama, dan umaro harus bersatu dalam mewujudkan Sukabumi lebih baik. Kami harapkan Muhibah Ramadhan bisa menjadi sarana pemersatu masyarakat Kabupaten Sukabumi,” ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi menyerahkan bantuan paket sembako sebanyak 150 paket, 5 paket alat sekolah, dan 10 paket Al-Quran dari DMI (Dewan Masjid Indonesia) kepada ketua DKM Masjid Agung Palabuhanratu dan warga kurang mampu.

Pada acara itu bupati didampingi Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri. Kabag Sosial dan Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi, H. Unang Sudarma selaku ketua panitia menyampaikan, Muhibah Ramadhan merupakan kegiatan rutin pada bulan Ramadhan yang diisi dengan tausiyah, buka bersama, shalat berjamaah, dan tarawih bersama. (*)