Dishub akan Memperbaiki Jalan Merdeka Cipanengah

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi dalam waktu dekat akan memperbaiki Jalan Merdeka yang terletak di Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Pada jalur jalan tersebut terdapat beberapa titik yang tingkat kerusakannya cukup parah antara lain di sekitar SMK Negeri 4 Kota Sukabuimi dan Polsek Lembursitu.

“Kami akan memprioritaskan perbaikan Jalan Merdeka agar seluruh kendaraan yang melintasi jalan ini, baik roda 4 maupun roda 2 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman. Targetnya sebelum Idul Fitri 1440 Hijriyah perbaikan Jalan Merdeka di dua titik tersebut telah selesai,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Suhendar Syarief, S.T., M.Eng. kepada wartawan belum lama ini. 

Selain akan memperbaiki badan jalan tersebut, ujar Suhendar, Dishub juga akan memperbaiki dan membenahi trotoar dan sistem drainasenya.  Perbaikan drainase dan trotoar akan dilaksanakan setelah Idul Fitri.

“Drainasenya juga harus diperbaiki karena salah satu faktor yang memicu terjadinya kerusakan pada badan Jalan Merdeka adalah rusaknya sistem drainase.  Jika hujan turun, air meluap ke badan jalan yang perlahan-lahan menggerus lapisan aspal. Trotoarnya juga akan diperbaiki dan dipercantik,” kata dia.

Idealnya, lanjut Suhendar, perbaikan Jalan Merdeka di titik SMKN 4 Kota Sukabumi dan Polsek Lembursitu tersebut menggunakan konstruksi beton agar lebih kokoh dan kuat menahan aliran air. Namun karena anggaran pada APBD Kota Sukabumi tahun ini yang terbatas, perbaikan badan jalan tersebut menggunakan konstruksi aspal.

“Mudah-mudahan hasil perbaikan ini dapat bertahan lebih lama karena ditunjang dengan perbaikan saluran drainasenya,” tuturnya.

Perbaikan Jalan Merdeka beserta sistem drainase dan trotoarnya itu sangat penting dan mendesak mengingat jalan tersebut merupakan akses langsung menuju objek wisata pemandian air panas Cikundul dan Pasar Digital Cikundul. Menjelang dan selama libur Lebaran nanti, jalur jalan ini bakal dilewati banyak kendaraan yang akan berkunjung ke dua objek wisata tersebut.

“Biasanya pada musim liburan panjang, Jalan Merdeka dilewati kendaraan pengunjung akan akan berlibur di objek wisata di Cikundul, baik dari dalam maupun dari luar wilayah Kota Sukabumi,” jelas Suhendar. (*)