Ikut Lelang, Bupati Bayar 50 Juta untuk Karpet Masjid Darul Matin

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mendatangi masyarakat untuk berdialog sambung rasa pada peresmian Masjid Darul Marin, Cibadak.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengikuti lelang pembelian karpet setelah meresmikan Masjid Darul Matin, Cibadak, Sabtu (11/5/2019) siang. Pada proses lelang itu bupati mengajak jamaah dan hadirin untuk ambil bagian dalam pembelian karpet Masjid Darul Matin melalui lelang infak.

Atas ajakan Marwan, beberapa hadirin menyampaikan kesanggupan menyumbangkan sebagian hartanya untuk membeli karpet masjid. Jamaah yang lainnya menyebutkan besaran rupiah yang akan diinfakkan guna menunjang kelancaran pembelian karpet.

Ada juga hadirin yang menyebutkan infak dalam bentuk panjang karpet yang dikonversi dengan nilai rupiah. Akhirnya setelah melalui proses yang berjalan lancar, penyelenggara lelang sukses menghimpun dana untuk karpet sebesar Rp273 juta. Bupati Marwan sendiri merupakan penyumbang terebesar dengan infak untuk karpet sebesar Rp50 juta.

Peresmian Masjid Darul Matin dikemas dalam momentum tasyakur nikmat bertema “Terwujudnya Fungsi Masjid sebagai Pusat Kegiatan Ibadah, Pembinaan, Kesejahteraan, dan Pemersatu Umat”. Pada acara itu, panitia menyelenggarakan pemberian santunan kepada kaum dhuafa berupa sembako sebanyak 200 paket. 

Dalam laporannya, Ketua Panitia KH. Mustafa Kamal menyampaikan, Masjid Darul Matin telah menjalani proses pembangunan selama kurang lebih 2,5 tahun. Kehadiran bangunan masjid yang megah, ujar dia, menjadi kebanggaan sekaligus kegembiraan bagi masyarakat di Kecamatan Cibadak. 

Sementara itu, Ketua DKM Darul Matin, KH. Abdul Kohar menjelaskan, ke depannya, pengurus masjid akan membangun sarana dan prasarana pendukung seperti gedung pertemuan dan rumah makan di sekitar areal masjid. Pembangunan sarana dan prasarana tersebut akan memanfaatkan lahan yang maih tersisa dengan luar sekitar 600 meterpersegi. 

Pada acara tasyakur nikmat itu, bupati menyampaikan pidato dengan suka cita disertai rasa syukur. Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pembangunan dan para donatur yang telah membantu pembangunan Masjid Druul Matin Cibadak.

“Syukur alhamdulillah atas nikmat dan karunia-Nya di hari keenam bulan Ramadhan kita bisa bersilaturahmi di Masjid Darul Matin Cibadak. Dalam perjalanannya,  pembangunan masjid ini banyak menghadapi tantangan. Tapi dengan semangat kebersamaan, semua tantangan tersebut bisa dijawab sehingga pembangunan masjid ini bisa selesai dai dapat digunakan oleh umat Islam di bulan yang penuh rahmat ini,” tutur bupati. 

Hal yang paling penting dalam pengelolaan masjid, lanjut Marwan,  adalah langkah dan cara untuk memakmurkannya. Masjid Darul Matin, kata dia, harus bisa dimanfaatkan secara baik khususnya oleh masyarakat Cibadak agar mendatangkan inspirasi bagi persatuan dan kemakmuran umat sekaligus untuk membangun Sukabumi yang lebih baik lagi. (*)