LIPI akan Kembangkan PLTA Mikrohidro di Kawasan Geopark

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menyerahkan plakat Kabupaten Sukabumi kepada pimpinan tim dari LIPI, DR. Mego Pinandito, M.Eng. yang berkunjung ke Pendopo Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap mengembangkan dan membangun PLTA mikrohidro di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Proyek pembangunan PLTA mikrohidro tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama LIPI dengan Pemkab Sukabumi yang ditandatangani beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, DR. Mego Pinandito M.Eng. saat bersilaturahmi dengan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dan jajaran di Pendopo Sukabumi, Selasa (7/5/2019). PLTA mikrohidro yang akan dikembangkan di kawasan geopark itu berjenis vorteks yang mengandalkan pergerakan putaran air di sumber air alami.

“Setelah kerja sama yang pertama di bidang pertanian direalisasikan, sekarang kami siap meluncurkan kerja sama yang kedua di bidang energi dalam bentuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air mikrohidro,” kata Mego di hadapan bupati dan jajaran Pemkab Sukabumi.  

Dalam waktu dekat, ujar dia, tim dari LIPI akan melakukan penelitian dan sosialisasi terkait pengembangan dan pemanfaatan PLTA mikrohidro. Setelah sosialisasi, tim akan melakukan proses alih teknologi kepada masyarakat agar mereka bisa memanfaatkan dan mengembangkan PLTA secara mandiri.

“Lokus kegiatan alih teknologi ini meliputi wilayah Ciletuh yang akan kami proyeksikan sebgai laboratorium lapangan,” jelasnya.

Sementara itu kepada tamunya dari Jakarta, Bupati Sukabumi menyatakan, untuk pengembangan kawasan geopark, Pemkab Sukabumi membutuhkan dukungan personel, piranti, dan teknologi dari LIPI. Potensi geopark, ujar bupati, sangat besar khususnya di bidang kepariwisataan. Pengembangan potensi di kawasan ini akan lebih optimal hasilnya jika didukung oleh teknologi yang memadai. 

Saat ini, Pemkab Sukabumi dan pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sedang mengembangkan konsep wisata di waktu malam di kawasan tersebut. Pemandangan dan keindahan geopark di waktu malam, lanjut bupati, sangat luar biasa menawan. 

“Karenanya pengembangan PLTA di kawasan geopark oleh LIPI sangat penting dan strategis untuk menunjang kemajuan kawasan tersebut. Kehadiran PLTA dapat memberdayakan dan menggali potensi keindahan geopark. Pada akhirnya pemberdayaan geopark itu dapat mensejahterakan masyarakat,” ujar Marwan.

Pada silaturahmi itu tampak hadir para pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi antara lain Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, Kepala Dinas Pariwisata Usman Jaelani, Kepala Bappeda Maman Abdurahman, dan GM Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Dana Budiman. (*)