Qiyamul Lail BJI Dimajukan dan Diawali Itikaf

oleh -
Keluarga besar BJI Presda Sukabumi Raya dan pengurus DKM Al-Istiqomah bersama-sama melaksanakan qiyamul lail yang dilanjutkan dengan tawasul serta shalat Shubuh berjamaah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Selama bulan Ramadhan kegiatan qiyamul lail Kebangkitan Jawara dan Pengacara/Bang Japar Indonesia (BJI) Presidium Daerah (Presda) Sukabumi Raya akan dimajukan dan dimulai pukul 00.00 WIB. Kegiatan tersebut akan diawali dengan itikaf atau berdiam diri di masjid untuk membaca Al-Quran.

“Biasanya qiyamul lail dimulai pukul tiga malam. Pada bulan Ramadhan  dimajukan sekitar tiga jam,” kata Ketua BJI Presda Sukabumi Raya, Budhy Lesmana setelah mengikuti qiyamul lail pekan ke-24 di Masjid Al-Istiqomah di Perumahan Puri Cibeureum Permai 1, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2019).

Qiyamul lail, ujar Budhy, tidak akan putus selama bulan Ramadhan. Bahkan durasi dan kualitasnya akan lebih ditingkatkan. Karena selain shalat malam dan shalat Shubuh berjamaah serta ceramah juga disertai kegiatan membaca ayat suci Al-Quran dan sahur bersama. 

Kegiatan qiyamul lail di Masjid Al-Istiqomah ditutup dengan ceramah singkat dari BJI dan DKM setempat. Dalam ceramahnya Budhy mengajak hadirin untuk membiasakan shalat malam yang dimulai dari diri sendiri lalu mengajak keluarga. Qiyamul lail, kata dia, adalah satu-satunya shalat sunat yang disebutkan di dalam Al-Quran setelah shalat wajib.

“Begitu luar biasa pahala dan nilainya di mata Allah. Oleh karena itu insya Allah kami akan tetap istiqomah melaksanakan kegiatan ini tanpa putus,” terangnya.

Berbicara tentang organisasi yang dipimpinnya, Budhy menerangkan, BJI Presda Sukabumi Raya yang dibentuk pada bulan September 2018 terus beristiqomah dalam menjalankan perintah Allah dan menegakkan amar maruf nahi munkar. BJI memiliki Lembaga Bantuan Hukum untuk membantu masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pertolongan terkait masalah hukum.

“Sampai sekarang sudah 42 kasus hukum yang sudah kami tangani. Kami membuka pintu lebar-lebar ke masyarakat dalam memberikan bantuan hukum,” ucapnya.

Sementara Ketua DKM Al-Istiqomah, H. Verry Superi mengapresiasi kehadiran keluarga besar BJI yang mengajak masyarakat untuk mendirikan qiyamul lail. Selain itu dia kagum atas kesiapan BJI untuk membantu masyarakat miskin di bidang hukum tanpa bayaran. Menurut Verry, hal itu juga merupakan bagian dari ibadah. (*)