Muspida Bentuk Tim Patroli Simpatik Ramadhan

oleh -
Wakil Kepala Polres Sukabumi Kota, Kompol Sulaeman Salim mengalungkan sorban kepada salah satu anggota Polri sebagai tanda peresmian Tim Patroli Pasukan Simpatik Ramadhan 1440 Hijriyah. Berdiri paling ujung adalah Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Muspida Kota Sukabumi membentuk Tim Patroli Pasukan Simpatik untuk mewujudkan kondusivitas bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Unsur-unsur yang dilibatkan dalam tim ini berasal dari Pemkot Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, dan Kodim 0607.

“Tim Patroli Pasukan Simpatik akan bertugas selama bulan Ramadhan untuk menjaga situasi dan kondisi selama bulan Ramadhan agar tetap kondusif. Tugas utamanya menjaga kondusivitas bulan Ramadhan,” kata Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi setelah mengikuti kegiatan tarhib Ramadhan dan pembentukan Tim Patroli Pasukan Simpatik di depan Balai Kota Sukabumi, Sabtu (4/5/2019). 

Pembentukan tim ditandai dengan pengalungan sorban kepada anggota tim oleh Wakil Kepala Polres Sukabumi Kota, Kompol Sulaeman Salim. Berbekal sorban tersebut, tim harus siap bergerak ke lapangan untuk menjaga trantibmas selama bulan puasa.

Salah satu tugas tim yang paling penting, ujar Fahmi, adalah memantau tempat hiburan malam agar tidak buka selama bulan Ramadhan. Tim juga berkeliling kota pada siang hari untuk memberikan peringatan kepada pengelola rumah makan atau warung nasi yang membuka tempat usahanya.

“Aturannya jelas selama bulan Ramadhan, tempat hiburan malam tidak boleh buka. Kalau ada tempat hiburan yang buka, tim akan langsung memberikan peringatan kepada pemiliknya. Kami mengharapkan para pemilik tempat hiburan malam dapat  mentaati peraturan ini,” ujar Fahmi.

Wali kota mengimbau masyarakat untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan ibadah dan mentaati semua paraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dia yakin dengan menjaga kondusivitas oleh seluruh lapisan masyarakat, bulan Ramadhan 1440 Hijriyah akan berlangsung aman dan tertib. Karenanya dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Kami menginginkan semua umat Islam yang berpuasa dapat menjalankan segala bentuk ibadah dengan khusyuk,” tutur Fahmi.

Sementara itu Sekretaris MUI Kota Sukabumi Muhammad Kusoy menjelaskan, Tarhib Ramadhan merupakan tradisi masyarakat untuk menyambut datangnya bulan puasa yang penuh rahmat, berkah, dan  pengampunan.  Umat Islam selalu bergembira saat menjelang bulan Ramadhan yang diwujudkan dengan pawai tarhib. (*)