Bupati Pimpin Pencanangan BBGRM dan Saba Desa di Warnajati

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan arahan kepada para peserta kegiatan Saba Desa di Desa Warnajati didampingi Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (paling kanan).

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menggelar dua kegiatan sekaligus di Desa Warnajati. Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Yang pertama pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI tingkat Kabupaten Sukabumi di lapangan olahraga Warnajati dan kedua kegiatan Saba Desa di halaman Balai Desa Warnajati.

Kedua kegiatan digelar Jumat (3/5/2019). Di tempat kegiatan tampak hadir Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono; Kepala Bappeda Maman Abdurahman; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi; para kepala perangkat daerah; para camat dan kepala desa se-Wilayah II Cibadak;  serta tuan rumah Kepala Desa Warnajati, Hilmi Nurhikmat.

Pencanangan BBGRM difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi. Bupati mengatakan, gotong royong dapat memperkokoh komitmen pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Semakin tinggi tingkat perkembangan masyarakat kian tinggi pula tantangan yang dihadapi masyaraka dan pemerintah.

“Gotong royong dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk percepatan pembangunan,” tuturnya. 

Gotong royong menciptakan peluang untuk mensejahterakan. Semangat gotong royong, kata dia, diwujudkan dalam kebijakan zakat infak dan sedekah. Bupati meminta seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan aksi gotong royong dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan baik di lingkungan pemerintah atau swasta serta lingkungan masyarakat.

Di ujung kegiatan, Bupati Sukabumi menyerahkan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas, akta kelahiran bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun sebanyak 160.578 lembar, serta bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 5 warga Desa Warnajati.

Sementara saat memimpin Saba Desa, bupati mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan komunikasi dan silaturahmi di antara warga dan pemda. Saba Desa juga penting sebagai media monitoring dan evaluasi terhadap program-program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah.

Di depan para kepala desa dan masyarakat, bupati menjelaskan, era digitalisasi merupakan tantangan peradaban yang harus diisi oleh pembangunan yang komprehensif dan visioner. Pembangunan, kata dia, mesti bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan masa depan generasi selanjutnya.

Kabupaten Sukabumi, lanjut bupati, tidak lama akan mempunyai infrastruktur jalan tol Bocimi. Hal ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dengan berbagai inovasi dan kreasi. Untuk pengembangkan UMKM, bupati mendorong masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) di Cikembar untuk pelatihan dan pengembangan bisnis.  

Di penghujung acara, Bupati Sukabumi menyerahkan bantuan alat komunikasi dan sound system sebanyak 8 item yang diterima secara simbolis oleh Camat Cibadak.  

Pada acara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman menyampaikan gambaran umum hasil pembangunan di Kabupaten Sukabumi berupa indikator makro pada tahun 2018-2019 yang sedang berjalan. (*)