Santri LTQ Al-Alawi Gelar Itiqaf dan Makan Liwet Bareng

oleh -
Makan nasi liwet bareng menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriyah bersama para santri LTQ Al-Alawi, Cibadak.

Wartawan Nana Suhendar

Para santri Lembaga Tilawatil Quran (TLQ) Al-Alawi, Cibadak, Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan itiqaf atau berdiam diri di dalam masjid dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriyah. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan muhasabah bareng, qiyamul lail, dan shalat Shubuh berjamaah. Sebelumnya mereka makan nasi liwet bareng.

Rangkaian acara dimulai selepas Ashar. Biasanya sehabis Ashar, para santri LTQ Al-Alawi itu langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Seluruh kegiatan diselesaikan di Masjid Al-Alawi Kampung Cibadak RT 02 RW 17, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2019) pagi.  

“Kegiatan ini untuk membiasakan dan melatih anak-anak beribadah bareng dan menjaga kekompokan,” kata guru ngaji LTQ Al-Alawi, Ustadzah Semmy.

Selama mengikuti makan liwet bareng, para santri benar-benar dalam keadaan kompak dan menunjukkan sikap saling berbagi. Mereka tampak lahap dan menikmati sajian menu sederhana. Sebelumnya Semmy mengingatkan para santri untuk menjalankan adab saat makan bareng antara lain berdoa sebelum dan sesudahnya serta tidak boleh bercakap-cakap selama makan.    

Demikian juga pada kegiatan itiqaf, anak-anak mengikutinya dengan khusyu sambil memanjatkan doa-doa panjang untuk keselamatan bersama. Mereka juga membaca ayat-ayat Al-Quran di bawah bimbingan Semmy. 

Qiyamul lail atau shalat malam, ujar dia, harus diajarkan dan dibiasakan sejak dini. Tujauannya agar mereka akrab dengan kegiatan ibadah malam tersebut hingga usia dewasa.

“Anak-anak sangat senang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga bergembira menyambut tibanya bulan Ramadhan,” ujar Semmy. (*)