Peserta Meledak, Jempol Disdukcapil di Santa Sea Sukses Besar

oleh -
Kepala Dinas Dukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan (paling depan) menandatangani akta kelahiran di tengah kegiatan Program Jempol di objek wisata Santa Sea Waterpark.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Program Jemput Bola Pelayanan (Jempol) yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi di objek wisata Santa Sea Waterpark, Sabtu  (23/2/2019) kebanjiran peserta. Sampai pukul 12.00 WIB, tim Jempol telah melayani 350 warga yang mengurus administrasi kependudukan (adminduk). 

“Target kami jumlah peserta 200 orang. Baru beberapa jam dimulai, jumlah peserta sudah melampaui target,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan di tengah kesibukan mengatur kegiatan Jempol.

Semua peserta Program Jempol di Santa Sea Waterpark mendapat potongan harga tiket masuk ke tempat wisata air panas itu sebesar 30 persen. Warga yang telah menyelesaikan urusan dengan Tim Jempol diberi satu buah es krim dari pengelola Santa Sea.

“Dari semua dokumen kependudukan yang dibuat atau diajukan masyarakat kali ini, kebanyakan kartu keluarga perubahan untuk penambahan jumlah keluarga, akta kelahiran untuk anak di atas usia 18 tahun, dan pembuatan KTP elektronik bagi pemula. Sebagian masyarakat melakukan  perekaman data untuk KTP elektronik,” jelas Iskandar.

Di lokasi Jempol, ada juga warga yang mengajukan permohonan pembuatan akta kematian yakni sebanyak 3 akta. Untuk pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak), sementara dibatasi untuk anak di bawah umur 4 tahun. Anak yang sudah sekolah pembuatan KIA-nya dikerjasamakan dengan pihak sekolah karena sekolah memiliki database siswa.

“Program Jempol pemukiman di objek wisata baru yang pertama dilakukan di Santa Sea Waterpark. Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan perhatian kepada Tim Jempol,” ungkap dia. 

Di tempat yang sama, Public Relation Santa Sea Waterpark, Vindi Andika Perdana mengatakan,  dukungannya pada Program Jempol merupakan kebijakan perusahaan yang ingin mensukseskan program pemda. Manajemen ikhlas memberikan potongan harga tiket masuk dan es krim kepada peserta Program Jempol.

“Kami juga memberikan diskon bagi masyarakat Kota Sukabumi yang menunjukkan Kartu Identitas Anak dan fotokopinya.  Kami akan menjadwalkan kembali pelaksanaan Jempol di sini,” ujar Vindi.

Normalnya harga tiket masuk ke arela Santa Sea Waterpark sebesar Rp40 ribu untuk dewasa dan Rp35 ribu untuk anak-anak dari Senin sampai dengan Jumat, sedangkan untuk akhir pekan Sabtu dan  Minggu, harga tiket masuk tersebut menjadi Rp60 ribu unruk dewasa dan Rp50 ribu untuk anak-anak.

Di lokasi kegiatan juga tampak Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi. Dia ikut memantau jalannya Program Jempol di Santa Sea Waterpark. Wali kota sempat menyerahkan dokumen kependudukan kepada warganya.

Sementara itu Mutiara Istana (17), warga RT 01 RW 02, Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu yang masih sekolah di SMK Pelita mengatakan, dia sengaja datang ke Santa Sea untuk membuat KTP. Mutiara ingin menyalurkan hak suara pada Pemilu 2019 berbekal KTP yang dibuatnya. “Seneng banget bisa bikin KTP buat Pemilu, dapat voucher dan es krim gratis pula. Biasanya bikin KTP suka lama, di sini sangat cepat,” kata Mutiara. (*)