Musrenbang Cidadap Merangkum 150 Usulan dari Desa

oleh -
Pelaksanaan musrenbang tingkat Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi diikuti anggota Dewan, para pejabat Bappeda, DPMD, dan pemangku kepentingan pembangunan di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

Wartawan HAMJAH JAMPANG

Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cidadap merangkum 150 usulan dari desa-desa yang akan dijadikan skala prioritas pembangunan yang diusulkan ke Pemkab Sukabumi, Pemprov Jawa Barat, atau pusat. Kecamatan yang terletak di ujung Pajampangan di wilayah Kabupaten Sukabumi itu sedang mengebut pembangunan jalan, sekolah, dan infrastuktur lainnya.

“Kami menyelenggarakan musrenbang untuk menindak lanjuti usulan-usulan yang disampaikan pada musrenbang tingkat desa. Salah satu tujuannya untuk menjaring masukan dan program yang diusulkan desa-desa,” kata Camat Cidadap, Drs. Ekus Kustam, M.M. setelah pembukaan Musrenbang di aula Kantor Kecamatan Cidadap, Rabu (13/2/2019).

Usulan yang diolah, lanjut dia, berasal dari usulan prioritas dari tingkat desa. Ketika Musrenbang Cidadap dibuka, sebanyak 150 usulan dari desa yang merupakan prioritas pembangunan akan dibahas di tingkat kecamatan. Sebagian besar usulan berupa pembangunan jalan, sarana air bersih, dan rehabilitasi bangunan sekolah.

Pada musrenbang itu tampak hadir beberapa pejabat daerah dan wakil rakyat antara lain Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, H. Asep Suherman S.E., Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kabupaten Sukabumi, Fajar Muhamad Akbar, S.T, M.T., dan Nano Suryana  (Staf Pengadministrasian Umum Bappeda). 

Selanjutnya Kasubid Anggaran dan Belanja Langsung BPKAD Kabupaten Sukabumi, Ikhsan Muckhlis Sani, S.STP., M.Ec.Dev., Kasi Penataan Administrasi Desa DPMD, Hodan Firmansyah S.IP, M.Si., Staf Pengadministrasian Umum Bagian Adminstrasi Pembangunan Setda Kabupaten Sukabumi, Emuh Muhidin, dan para kepala UPT kecamatan. 

Di samping itu, hadir pula peserta musrenbang dari kalangan perangkat desa, BPD, PKK, kepala PAUD dan SD, kader posyandu, operator desa, dan unsur dinas/instansi tingkat kecamatan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dana dan kegiatan pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi wilayah Kecamatan Cidadap. Salah satunya yang paling penting adalah perbaikan jalan,” tutur Ekus.

Sementara itu, mewakili Bappeda , Fajar Muhamad menyatakan, semua usulan prioritas akan segera diajukan ke pemda, provinsi, dan pusat. Nantinya  akan dievaluasi untuk menentukan tingkatan pemerintahan yang akan dijadikan tempat menampung usulan-usulan tersebut.  “Usulan dari daerah harus disesuaikan dengan program pusat dan provinsi. Selain itu jangan sampai pembangunan yang dilaksanakan tumpang tindih dengan program di desa dan kelurahan,” jelas Fajar. (*)