Bah Tatan Sudah ‘Gatal’ Ingin Aksi Jalanan

oleh -
Tatan Kustandi

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi, Tatan Kustandi merindukan aksi unjuk rasa di jalanan untuk menyampaikan sikap politik dalam membela rakyat miskin. Namun Tatan harus menahan hasrat terhadap aksi itu karena tahun ini suhu politik sedang memanas menjelang Pemilu Legislatif dan Pilpres.

“Saya harus menunggu musim politik ini berakhir untuk menggelar aksi unjuk rasa. Melalui unjuk rasa, kami dapat mengontrol kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat,” ujar Tatan kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Legislator asal PDI Perjuangan tersebut dikenal sebagai Ketua FRMB (Forum Rakyat Miskin Bersatu) yang giat menggelar unjuk rasa untuk mengkritisi kebijakan pemerintah. Dia masih tetap memegang jabatan itu dan tetap istiqomah dalam membela dan menyuarakan hati nurani rakyat miskin.

“Sampai kapan pun saya tidak lelah untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Rakyat harus bisa sekolah. Tidak ada ada dalih apapun yang bisa membatalkan hak ini. Apalagi kalau sampai pihak sekolah akan mengeluarkan siswa karena tidak punya uang, kami maju di depan untuk merebut hak rakyat tersebut,” tutur politisi yang akrab disapa Bah Tatan itu.

Dirinya juga akan berteriak lantang jika ada rakyat kecil yang sakit harus beradu argumen dengan rumah sakit tentang biaya perawatan dan pengobatan. Rumah sakit, kata dia, harus siap dan sanggup menerima rakyat kecil yang tidak memiliki uang untuk menutup biaya perawatan dan pengobatan. 

“Saya siap berhadapan dengan siapa pun untuk membela rakyat miskin, termasuk dengan wali kota. Kalau Walikota tidak bijak ke rakyat, saya akan menjadi oposisi,” ujar Bah Tatan.

Baru-baru ini dia sukses membantu warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi yang dirawat di RSUD R. Syamsudin, S.H. milik Pemkot Sukabumi. Warga tersebut membutuhkan biaya perawatan sebesar Rp6 juta. Berkat lobi dan negosiasi yang dilakukan Bah Tatan, pihak rumah sakit membebaskan rakyat miskin tersebut dari segala biaya perawatan.

“Saya sudah dua periode menjadi wakil rakyat dan tidak pernah lari dari rakyat. Ketika rakyat membutuhkan pertolongan, saya selalu siap membantu mereka,” ungkapnya. Sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kota Sukabumi, Bah Tatan mentargetkan 7 kursi untuk partainya dari 35 kursi yang diperebutkan di DPRD Kota Sukabumi. Sementara untuk Pilpres, dia pasang target perolehan suara sebesar 52 persen untuk kemenangan pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf. (*)